23 February 2008

Mukjizat Sabar

Buku ini secara tidak sengaja saya beli saat sedang mencari buku-buku untuk keperluan kerja saya. Awalnya tertarik dengan judul yang tercantum di sana “Mukjizat Sabar, Terapi Meredam Gelisah Hati” karya dari Tallal Alie Turfe, rasanya menarik juga untuk dipahami, sudah lama untuk belajar tentang kesabaran dan buku ini mungkin bisa memberi hikmah atas pertanyaan-pertanyaan yang muncul saat sabar di hati meledak tak lagi tertahankan pada momen-momen tertentu. Ah, dramatisasi sekali agaknya.

Memang agak malas awalnya beli buku ini, apalagi saat di display di toko buku itu buku ini dibungkus plastik, tentu saja kita tidak bisa lihat sekilas isi bukunya. Tapi ya sudah, saya coba pelajari dan beli buku ini. Saat dibuka dan dibaca saya baru mengerti kalau buku ini mencoba manjabarkan tentang sabar dan bagaimana mengelolanya melalui pendekatan konsep islami, dan substansi isinya memang sangat sistemik. Buku ini termasuk buku yang memberikan referensi-referensi dan contoh-contoh tentang kesabaran di dalam Islam. Jadi, suasana membacanya memang jadi seperti membaca buku referensi, buku seperti buku motivasi yang bahasanya lebih “meliuk-liuk”.

Namun secara keseluruhan saya tersentuh dengan salah satu kutipan: “ Kualitas kesabaran merupakan fondasi bagi perkembangan pribadi. Kesabaran dan daya tahan jiwa lahir dari sikap penghargaan terhadap diri sendiri yang menopang kontrol atas stabilitas emosi. Dari sini muncul rasa iklas” (hlm 123). Hmmmm… cukup relevan untuk dipahami saat ini.

1 comment:

Bangun said...

menurut saya pengertian sabar itu sederhana, yaitu "berhenti sejenak untuk melakukan langkah berikut yang lebih baik"
Tapi ingat, baik untuk kita belum tentu baik untuk orang lain. nah jika unsur ikhlas dimasukkan, Insya Allah hasilnya baik untuk semua.