01 March 2008

Review Ayat-Ayat Cinta

memang bener apa yang dibilang orang tentang film ayat-ayat cinta, beda dengan novelnya.., kalo saya melihat ada beberapa perbedaan yg bikin film itu agak kurang greget:
1. Pemeran Tokoh-tokohnya yg agak kurang greget, sepertinya yg pas itu cuma tokoh maria, noura dan orang gila yang dipenjara itu.hehe...
2. Suasana setting film yang agak kurang terbangun atmosfernya. Memang sih susah juga membuat setting mirip di kairo yg beneran.
3. Adanya pengurangan-pengurangan dalam beberapa dialog yang sebenrnya bisa membuat greget kalo ini film tentang cinta dari sudut pandang islam itu bisa terbangun. Padahal dalam beberapa dialog yg gak diakomodasi dalam film itu adalah intisari pedoman bagi seorang muslim mengambil keputusan, Misal ketika adegan Fahri melamar Maria yg sedang sakit, terus maria dinikahkan dan dia bangun dari tidak sadarnya, ternyata dialognya hanya segitu..
4. Film ini memang bagus dalam hal tata gambar dan sinematografi tapi mungkin kita bisa mengerti karena tuntutan durasi hingga akhirnya "level gregetnya" kurang maksimal.

hehehe... ini sih menurut saya.. top deh Kang Abik... dan Hanung...

3 comments:

Aku Iin said...

sebenernya juga...tidak ada hadits yg menyarankan belajar agama melalui novel-novel atau film-film (walopun yg islami). ada banyak temenku yg berpendapat demikian, mereka nonton AAC sekalian ibadah/belajar agama krn disana banyak nasihatnya buahaha..

tapi diriku tetep respect sama yg mbikin. kalo ama yg nonton, ah biasa aja..eh gak tanya yah? buahahahhaha..

soemandjaja said...

yup, banyak film yg mengambil stempel religius tapi justru bias dalam kandungan agamanya.. entah karena tuntutan pemodal, pasar atau apapun akhirnya film-film yg sumbernya dari tulisan-tulisan religi yg bagus justru diimprovisasi kandungannya jd gak jelas... hehe.. pisssss...

ayda said...

film yg diadaptasi dari novel sih banyakan emang kurang greget dibanding bukunya, wajar sih menurutku, secara dibatasi waktu untuk menampilkan detil2 persis dalam bukunya. Aku juga ngarepin dialog yg lebih kuat pas di dalam kereta (lebih banyak argumentasinya) tapi ternyata cuman dangkal banget :( Tapi, scr keseluruhan AAC bagus juga :)