19 July 2008

Pernikahan & Kawin Kontrak ( ? )

mHari ini secara nggak sengaja saya melihat anak-anak (mahasiswa) bersama-sama nonton filem indonesia, judulnya: Kawin Kontrak, saya tau ini filem udah lama: hampir jadul, tapi bukan itu masalahnya, namun ada yang mengganjal buat saya, terutama ketika di awal filem itu menggunakan dalih agama (salah satu ayat suci) yang menegaskan untuk menjauhi zinah (hubungan di luar nikah). Lantas logika yang muncul dari anak-anak muda di dalam filem itu seolah menyimpulkan kalau ingin merasakan hubungan suami istri ya lewat pernikahan, salah satunya adalah lewat kawin kontrak. Saya tahu kalau hubungan seperti itu termasuk halal, karena tetap melewati proses yang benar (menurut agama). Tapi saya tidak mengerti kalau anak-anak muda sudah berpikir sesingkat itu mencari perempuan di desa untuk di kawini. Memang pernikahan adalah ibadah buat manusia yang sudah saatnya, tapi apa semudah itu. Yang saya tahu pernikahan bukan hanya soal sex semata, pernikahan adalah soal ketentraman dan kenyamanan hidup (jadi inget ayat suci yg sering di cetak di undangan nikah, hihi..). Pernikahan adalah saling menimba amal dan pengalaman hidup bersama secara sabar dan iklas. Pernikahan bukan sekedar persoalan keterpautan fisik. Karenanya masuk ke dalam pintu itu adalah masuk ke dalam sesuatu yang serius. Pernikahan adalah penerimaan whole in one packet, forever. Pernikahan bukan sekedar tertawa bersama, tapi adalah bagaimana untuk memberi tawa saat ada tangis diantaranya. Ah.. saya jadi kemana-mana.. hihii.. Kembali ke filem, saya kok menganggap sekalipun dikemas dalam format komedi (saya juga geli dengan beberapa adegannya), filem ini agak berlebihan menggelontorkan logika-logika dalam jalan ceritanya. Kalau pikiran anak-anak muda sudah instan dan simplistik seperti itu, apalah jadinya perempuan-perempuan itu, hihi.. filem yang aneh, dan fakta yang aneh juga memang.

8 comments:

herdianto said...

kira-kira desa mana yang cewek-ceweknya bisa diajak kawin kontrak ya...

btw, pilem ini sdh saya donlt beberapa bulan lalu, tapi lupa nontonnya. ntar mlm deh, beli snack dulu di alfamart.

road of mind said...

wah cari kontrakan nih...mau donk ikutan ...he...he....

kang boim said...

salah yang barusan tu dari pojok waroeng kopi...maklum lg OL bareng di puskom...yg lg loging wong alit...he...he

kang gery said...

nyari kontrakan?

herdianto said...

kayaknya tuh pilem syutingnya di Sukabumi, daerahnya Kang Gery.

Tau nggak Kang? Klo tau nyok kesana hehe

uNieQ said...

kawin kontrak kenapa selalu ngerugiin wanita ya??

JoVie said...

kawin Kontrak??

Mau dunk..Hehe

refa said...

mail brige order....???
human trafficking....???
banyak istilahnya...dech...
skrang brain gain....
apa tu brain gain/brain drain....
tunggu klanjutannya...
whahahhahahahah....
lum klar nech....skripsi qu....