27 January 2009

Imlek dan Nasionalisme

Hari imlek.. awalnya biasa saja. Perayaan para saudara kita yang berdarah tionghoa. Tapi setelah membaca tulisan ini tiba-tiba saya jadi teringat cerita sewaktu masih kecil dulu. Saya juga pernah sangat akrab dengan teman-teman bangsa tionghoa, sempat kagum pada beberapa hal yang positif dari mereka. Sewaktu sekolah dasar, saya bersekolah di sekolah yang mayoritasnya adalah bangsa Tionghoa, sekolah itu dianggap berkualitas, meski bukan sekolah negeri. Selama enam tahun banyak berinteraksi secara sosial dengan mereka yang memiliki kultur dan nilai-nilai yang unik. Saya masih ingat teman-teman Tionghoa saya waktu SD itu, seperti Acong, Eng Beng atau yang bernama Indonesia seperti Yosep, Tanto dan lainnya. Pada dasarnya mereka sama seperti rumpun bangsa yang lain di bumi ini. Memiliki semangat positif dan juga pada beberapa bagian memunculkan sisi yang lain. Sifat kerja keras dan pantang mundur dalam melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi mereka bisa saya lihat dalam keseharian mereka. Ada salah seorang teman saya yang merupakan anak pemilik perusahaan Marmer yang sedang booming pada waktu itu, tapi sangat sederhana dan mau berbagi dengan kami teman-temannya. Sekedar bermain dengan mainan-mainan yang canggih pada waktu itu atau di ajak makan di rumahnya, sangat ramah pokoknya. Tapi juga ada beberapa yang sempat memberi kesan sebaliknya, ya.. mungkin karena anak-anak yang masih suka main dan kalau berselisih sering berantem, hehee.. Beberapa tahun setelah itu, masih sempat bertemu dengan mereka, sekedar sapa atau bertanya. Yang paling teringat adalah semangat dahulu waktu kami menjadi petugas upacara.. wah..

4 comments:

Penjelajah Waktu said...

gong xi fat cai

Anonymous said...

Gong xi, bro.

soemandjaja said...

emangnya siapa yg ngerayain?
gong xi-nya buat teman2 tionghoa ya..

PM said...

MOHON MAAF sebelumnya..
cuman sekedar berbagi info mengenai
CARA BARU ISI ULANG PULSA HP

LEBIH PRAKTIS (ngga perlu repot2 lagi datang ke counter pulsa.. cukup kirim sms dari HP anda sendiri)

LEBIH MURAH (bila dibandingkan dengan harga jual pulsa di counter

DAPATKAN BONUS PULSA GRATIS Rp. 25.000 SETIAP HARI

INFO LENGKAP DI HTTP://WWW.PRIMAMITRA.BLOGSPOT.COM