10 January 2008

LIbatkan Blogger Dalam Promosi Pariwisata

Diambil dari Lampung Post tanggal 7 Januari 2008.

Pemerintah daerah harus melibatkan komunitas blogger yang ada di Lampung untuk mempromosikan potensi-potensi pariwisata ke luar daerah maupun ke luar negeri. Para anggota komunitas ini paling banyak bersentuhan dengan masyarakat luas lewat kemajuan teknologi jaringan cybernatic.

“ Pemda di mana-mana melibatkan komunitas blogger di daerahnya untuk mempromosikan daerahnya, seperti di Palembang, Bandung, Yogyakarta, Bali, Palu, dan beberapa daerah lainnya. Di Lampung, hal itu tidak dilakukan pemerintah,” kata Gery, blogger yang mengelola portal www.seruit.com, dalam pertemuan Komunitas Blogger Lampung di BBS Universitas Lampung, Minggu (6-1).

Hal senada diungkapkan Erick, Dede, Yudhi, Budi dan beberapa anggota komunitas blogger Lampung dalam rangka persiapan launching portal www.seruit.com sekaligus memperkenalkan keberadaan blog sebagai media komunikasi dan promosi pembangunan kepada masyarakat Lampung.

Menurut Gery, pelaku blog di Lampung mencapai 500 orang dan masing-masing memiliki blog pribadi yang dihit (diunduh) paling sedikit 500 blogger yang ada di seluruh wilayah Nusantara. Sesama blogger saling mengkomunikasikan situasi di daerah masing-masing sebagai sharing pengetahuan dan pengalaman.

“ada juga blog-blog khusus yang dibuat untuk mempromosikan potensi-potensi yang ada di Lampung, terutama potensi pariwisata. Blog seperti ini banyak diunduh para calon wisatawan domestik maupun mancanegara,” kata Gery.

Hal senada diakui Budi Hutasuhut, pengelola portal kebudayaan Lampung, www. akademi-lampung.wordpress.com. Sebagia besar blog yang dibuat blogger Lampung memiliki content yang bertujuan mempromosikan Provinsi Lampung ke dunia luar.

No comments: