05 May 2007

Rekor Baru Negara Kita (Ironis yak..)

Indonesia masuk museum rekor dunia, begini beritanya:

Kamis, 03 Mei 2007 13:46 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta:Indonesia pemecahkan rekor Guiness World Rekor sebagai penghancur hutan tercepat didunia, dan akan tercatat dalam buku Guiness pada 2008. Menurut Hapsoro, Juru kampanye hutan Green Peace Asia Tenggara, sebanyak 72 persen dari hutan asli Indonesia telah musnah dan setengah hutan yang masih ada terancam keberadannya. "Indonesia menghancurkan luas hutan yang setara dengan 300 lapangan sepak bola setiap jamnya," kata dia dalam jumpa pers, Kamis siang. Kerusakan hutan, dia melanjutkan, antara lain disebabkan oleh pembalakan liar yang angkanya mencapai 76 sampai 80 persen, penebangan legal melalui konsensi HPH dan HTI serta kebakaran hutan.

ada lagi berita yang sama, begini:

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia mengalami tingkat laju penghancuran hutan tercepat di dunia. Tahun ini, Indonesia meraih tingkat laju deforrestasi tahunan tercepat di dunia dengan rata-rata penghancuran hutan 1,8 juta hektare per tahun.
Menurut lembaga swadaya masyarakat bidang lingkungan, Greenpeace, dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (3/5), antara tahun 2000-2005 terjadi penghancuran hutan sebesar dua persen setiap tahun atau sekitar 51 kilometer kubik per hari. Untuk itu, dalam kampanye penolakan penebangan hutan di Indonesia, Greenpeace mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk segera menghentikan penebangan hutan secara besar-besaran.

Menurut Greenpeace, untuk mencegah penggundulan hutan, masyarakat dan pemerintah harus sama-sama mengistirahatkan hutan dari penebangan legal maupun ilegal. Pemerintah dan masyarakat juga dituntut untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan karena Indonesia telah mendapat Guinness World of Record untuk masalah ini. Greenpeace meminta Indonesia untuk mencontoh negara lain seperti China yang sudah mengurangi penebangan hutan dan melakukan penanaman pohon. Namun, penanaman pohon itu pun harus disertai dengan perawatan, bukan hanya dibiarkan hingga mati.

Tapi entah apa gunanya, hal itu disanggah oleh Dephut, begini beritanya:

Metrotvnews.com, Jakarta: Departemen Kehutanan membantah pernyataan yang menyebut Indonesia sebagai negara yang paling cepat menghancurkan hutan tercepat di dunia. Di Jakarta, Jumat (4/5), Kepala Pusat Informasi Departemen Kehutanan, Ahmad Fauzi Wibowo mengatakan terdapat pemahaman yang berbeda antara pihaknya dan Greenpeace dalam melihat laju pengurangan lahan hutan di Indonesia. Luas hutan Indonesia yang mengalami degradasi pada 2000 hingga 2005 seluas 1,2 juta hektare atau sekitar 0,9 persen. Berdasarkan laporan Greenpeace, dari tahun 2000 hingga 2005, sekitar 1,8 juta hektare tanah di Indonesia mengalami deforestasi. Dengan data ini, Indonesia menjadi negara penghancur hutan tercepat di dunia.

haha.. aneh, wong udah pada sepakat kalo hutan kita rusak kok sempet-sempetnya nyangkal yang gak berguna, impulsif aja... ya..semoga prestasi ini memicu action yang beneran, gak pura-pura lagi..hehe..

1 comment:

Putra Daerah said...

Itu rekor gombal, sebagai orang Indonesia saya malu, tapi ya mo gimana lagi. Mas sendiri pernah nggak terbesit niat untuk pindah kewarganegaraan?
Saya jadi ingat mantan WNI yang melakukan korupsi, trus ketahuan, weh lakok malah jadi warga negara belanda. Gombal-gombal, malu-maluin.